Seputar Peradilan

RAPAT EVALUASI PENILAIAN PRESTASI PENGADILAN AGAMA KELAS I A

Dengan semangat baru diawal bulan Agustus 2019, Pengadilan Agama Subang telah mengadakan rapat evaluasi terkait dengan penilaian prestasi PA kelas I A Mahkamah Agung RepubIik Indonesiapada triwulan II tahun 2019 pada hari Kamis tanggal 1 Agustus 2019 jam 14.00 s/d jam 15.30 bertempat di ruang Ketua PA Subang.

Pembahasan di pimpin langsung oleh ketua PA Subang Drs. H. Kaharuddin, S.H., M.H.

Yang menjadi pembahasan adalah sekitar poin-poin penilaian prestasi yang meliputi:

  1. Administrasi dan teknis peradilan:

-          SIPP;

-          e-court;

-          Kasasi

  1. Management Peradilan:

-          SDM: ABS; SIKEP dan SKP.

-          Keuangan: DIPA 01 dan DIPA 02.

-          Pelayanan publik: PTSP; APM; WEBSITE; Inovasi dan Juara.

-          RB: Laporan RB dan Zona Integritas.

  1. Integritas molaritas:

-          Laporan Pengawasan (Disiplin Pegawai);

-          LKHPN.

Terhadap semua unsur diatas, Ketua PA Subang meminta tanggapan dari peserta rapat yang terdiri dari:

Wakil Ketua PA Subang; 3 orang perwakilan Hakim; Panitera; Sekretaris; para Panmud; para Kasubbag dan Team IT. Untuk mencari solusi dalam meningkatkan prestasi yang telah dicapai agar poin-poin penilaian yang masih dibawah standar untuk mengejar ketinggalan sesuai standarisasi penilaian.

Ketua PA Subang juga menghimbau kepada semua peserta selaku pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawabnya sesuai job description masing-masing bidang. Sekaligus beliau memberi apresiasi kepada seluruh koordinator yang telah berusaha dan berupaya sehingga meraih nilai yang telah dicapai. Dan memberi semangat untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya pencapian target penilaian prestasi yang dimaksud.

Adapun kesimpulan dari hasil rapat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan nilai SIPP dari sejumlah 250 putusan yang tidak ada dalam File diupayakan dengan cara scan putusan lalu dianonimasi dan e-doc putusan;
  2. E-court dengan cara menghimbau kepada para advokat untuk mendaftarkan perkara secara e-court;
    1. Untuk Kasasi dengan cara memeriksakan kepada ketua majelis dan kelengkapan berkas Kasasi jangan sampai ada yang tertinggal / tercecer dan segera dikirim (kelengkapan berkas dan ketepatan waktu
  3. SKP: sistem penilaian SKP harus disesuaikan dengan standarisasi penilaian yang ditentukan;
  4. DIPA 04: agar terserap dana Prodeo, dengan cara menginformasikan dan mensosilisasikan perkara prodeo kepada Pemda setempat dan mengkoordinir perkara Isbat Nikah Prodeo untuk pelaksanaan sidang di luar gedung (sidang keliling).
  5. PTSP: dengan cara mengoptimalkan pelayanan terpadu satu pintu yang sesuai dengan standarisasinya dan menayangkan prosedur berperkara melalui video Visual diawali Geografis dan Demografis Kota Subang dan Kiprah Pengadilan Agama Subang dalam pelayanan kepada masyarakat Subang dari mulai pendaftaran perkara sampai pengambilan produk peradilan;
  6. WEBSITE: dengan cara memasukan semua kegiatan melalui website baik berupa kegiatan rapat maupun artikel atau makalah dll;
  7. Inovasi: dengan cara membuat suatu hal yang baru yang tidak ada di pengadilan lain yakni dengan membuat kartu antrian yang digunakan untuk persidangan sampai pengambilan produk yang dijadikan alat penilaian kepuasan pelayanan dimasukan ke tempat yang sudah di sediakan: tidak puas, puas, sangat memuaskan;
  8. Laporan pengawasan: Wakil Ketua PA diwajibkan memberikan laporan hasil pengawasan para hakim kepada Pengadilan Tinggi Agama (PTA) dan Badan Peradilan Agama (BADILAG);
  9. LHKPN: mewajibkan semua pejabat untuk membuat LHKPN dan hasilnya dilaporkan oleh kepegawaian ke PTA dan BADILAG.