Seputar Peradilan

UPACARA HARI JADI MAHKAMAH AGUNG RI KE 74 TAHUN 2019

“PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MELAYANI”

PENGADILAN AGAMA SUBANG KELAS 1 A 

Senin, 19 Agustus 2019 Pengadilan Agama Subang melaksanakan Upacara Hari Jadi Mahkamah Agung RI yang ke 74 sesuai dengan Instruksi Sekretaris Mahkamah Agung RI A. S. Pujoharsoyo ke seluruh empat lingkungan Badan Peradilan.

MA RI 74 2

 

Upacara dilaksanakan secara gabungan antara Pengadilan Agama Subang dengan Pengadilan Negeri Subangdi halaman Gedung Kantor Pengadilan Negeri Subang di Jl. Mayen Soetoyo S. No. 1 Kabupaten Subang – Jawa Barat. Pada pukul 07.30 WIB. Sebagai pesrta upacara diikuti oleh para Hakim, seluruh Pejabat Struktural, Fungsional, seluruh Karyawan, Karyawati beserta seluruh Pegawai Honorer dari Pengadilan Agama Subang dan dari Pengadilan Negeri Subang, hadir pula para Advokat/Pengacara yang berdomisili di wilayah Kabupaten Subang – Jawa Barat.

MA RI 74 3

Ketua Pengadilan Negeri Subang Ym. Bapak R. Hendral, S.H., M.H. bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam amanatnya beliau membacakan pidato tertulis dari Bapak Ketua Mahkamah Agung RI, Ym. Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. dengan tema :Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani”.

MA RI 74 4

setahun yang lalu dalam peringatan HUT MA-RI ke – 73, Ketua MA menyampaikan lompatan besar yang telah dicapai Mahkamah Agung melalui penerbitan PERMA No. 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik, kebijakan yang dikenal sebagai e-court ini telah ditertapkan oleh semua pengadilan dari tiga lingkungan pengadilan dibawah Mahkamah Agung dan mendapat respon positif dari masyarakat.

MA RI 74 5

Selama implementasi e-court, Mahkamha Agung terus melakukan evaluasi serta melihat peluang-peluang pengembangan aplikasi tersebut dimasa yang akan datang. E-court dikembangkan lebih lanjut untuk mendorong Badan Peradilan Indonesia memasuki fase berikutnya sebagai peradilan modern melalui pengenalan e-litigasi.

MA RI 74 5

Ranperma e-litigasi yang telah disahkan menjadi PERMA NOMOR 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara elektronik telah meredesain praktik Peradilan Indonesia khususnya terkait sengketa Perdata dan Tata Usaha Negara dari system konvensional menjadi system yang setara dengan praktek peradilan modern yang telah diterapkan oleh Negara-Negara yang dikenal maju.

MA RI 74 7

Setelah selesainya amanat dari Pembina Upacara kemudian acara ditutup dengan pembacaan Do’a. kemudian acara dilanjutkan dengan foto-foto bersama.