Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Subang - MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI SERTA BIROKRASI BERSIH MELAYANI




Seputar Peradilan

Hakim Mediator Pengadilan Agama Subang Berhasil Mendamaikan

Perkara Cerai Talak Melalui Proses Mediasi

Subang | Senin 04 April 2022

Mediasi merupakan salah satu instrument yang efektif untuk mengatasi penumpukan kasus di pengadilan serta memaksimalkan fungsi lembaga pengadilan dalam menyelesaikan perkara. Sebagaimana mediasi bukan hanya sekedar formalitas beracara belaka akan tetapi memberikan kesempatan untuk berdamai, dan hakim harus berperan aktif mengupayakan perdamaian

Hari ini, Senin 11 April 2022, bertempat di ruang mediasi Pengadilan Agama Subang, Dra Hj. Dadah Holidah M.H., Hakim Mediator Pengadilan Agama Subang berhasil mendamaikan sebuah perkara Cerai Talak melalui proses mediasi.

Dra Hj. Dadah Holidah M.H selaku Mediator berupaya mendamaikan para pihak untuk menyelesaikan perkara secara kekeluargaan. kedua belah pihak yang semulanya bertikai sepakat rujuk kembali dan mempertahankan rumah tangga setelah mendapat nasihat dan upaya mediasi dari hakim mediator. Dra. Hj. Dadah Holidah, M.H., memberi nasihat dan pandangan terkait perkara perceraian dan bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga serta akibat yang akan timbul jika terjadi perceraian. 

Hubungan yang dikembangkan dalam mediasi tidak lain adalah upaya menempatkan komunikasi pada tingkat yang tepat, memperhatikan reaksi lawan bicara dan menyesuaikan komunikasi dengan lawan bicara dan situasi yang melingkupinya. Setelah proses komunikasi atau perundingan di dalam mediasi ditempuh dan putusannya mencapai kesepakatan, maka mereka dapat meminta penetapan dengan suatu akta perdamaian.

Adapun perdamaian kedua belah pihak tersebut dituangkan dalam sebuah kesepakatan perdamaian yang didalamnya berisi hal-hal yang disepakati oleh kedua belah pihak dan ditandatangani sebagai bukti kesepakatan. Kemudian  Dra. Hj. Dadah Holidah.M.H., Selaku mediator membacakan Akta Perdamaian yang disepakati oleh para pihak tersebut  dan tercantum pula padaLaporan Mediator tertanggal 11 April 2022.  Tampaklah raut muka kedua belah pihak yang ceria, senyum kebahagiaan tergambar setelah menandatangani akta perdamaian tersebut.

Keberhasilan Mediasi merupakan prestasi bagi seorang hakim mediator dan juga prestasi bagi satuan kerja yaitu Pengadilan Agama Subang karena bisa mendamaikan kedua belah pihak yang berperkara dan harapannya, semoga semakin banyak para pencari keadilan yang bisa menyelesaikan perkaranya melalui jalur mediasi dan tidak hanya melalui ketukan palu dalam persidangan, karena Para Mediator Pengadilan Agama Subang selalu berusaha untuk mendamaikan para pihak yang berperkara melalui jalur mediasi. (redaksi pa-subang.go.id | noersalim).